Jumat, 30 Oktober 2009

wisata spiritual (3)

ZIYARAH KUBUR sebagai wisata spiritual (3)

Oleh: A.Adib Masruhan

Memandikan mayyit menurut ajaran Rasulullah SAW adalah sebagai berikut, dimulai dengan me-wudlukannya seperti wudlu kita mau sholat, kita tidak diperbolehkan melihat aurat simayyit begitupula memegang (auratnya) tanpa ada lapisan penghalang antara kita dengan mayyit, kemudian kita lakukan memandikan, setelah membersihkan kotoran yang najis bila ada termasuk mengeluarkan apa yang ada dalam perut dengan cara menekan sedikit diarea perut, dan memulai menyiramkan air yang hangat namun suci dan tidak musta’mal pada anggota wudlu terlebih dahulu dengan mendahulukan yang kanan atau arah kanan. Disini kami sampaikan beberapa hadits tentang memandikan mayyit biar lebih jelas.

عن عائشة رضي الله عنها تقول فغسلوه وعليه قميص يصبون الماء فوق القميص ويدلكونه بالقميص دون أيديهم[1]

رواه أبو داود في الجنائز 2733

“Dari Aisyah RA berkata: mereka memandikan Nabi SAW dengan menyiramkan air dari atas pakaian, dan menggosoknya dengan kain bukan tanganya (langsung). (HR Abu Dawud :2733)

أن عليا رضي الله عنه غسل النبي صلى الله عليه وسلم وعلى النبي صلى الله عليه وسلم قميص وبيد علي رضي الله عنه خرقة يتبع بها تحت القميص [2]

سنن البيهقي الكبرى ج: 3 ص: 388

Bahwasanya Ali RA memandikan Nabi SAW sedang Nabi SAW tetap memakai pakaian, ditangan Ali RA ada kain untuk menggosok dari bawah pakaian” (HR Baihaqi 3:388)

عن بن سيرين قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من غسل ميتا فليبدأ بعصره [3]

سنن البيهقي الكبرى ج: 3 ص: 388

Dari Ibnu Sirin berkata, berkata Rasulullah SAW: Barang siapa memandikan mayyit maka agar memulai dengan menekan perutnya” (HR Baihaqi 3:388)

عن أم عطية أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لهن في غسل ابنته إبدأن بميامنها ومواضع الوضوء منها

رواه البحاري في كتاب الوضوء 162

Dari Ummi Athiyah, bahwasanya Nabi SAW berkata kepadanya ketika memandikan putrinya: Mulailah dengan arah kanan dan anggota anggota wudlu”(HR Bukhori :162)

عن أم قيس قالت توفى ابني فجزعت عليه فقلت للذي يغسله لا تغسل ابني بالماء البارد فتقتله فانطلق عكاشة بن محصن إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فأخبره بقولها فتبسم ثم قال ما قالت طال عمرها فلا نعلم امرأة عمرت ما عمرت [4]

سنن النسائي (المجتبى) ج: 4 ص: 29

Dari Ummu Qais berkata, anak meninggal dunia, aku sedih atasnya, maka aku pesan kepada yang memandikan: jangan mandikan anakku dengan air dingin nanti bisa membunuhnya, laporlah Ukasyah ibn Mihson kepada Rasulullah SAW tentang ucapanya, beliau tersenyum dan berkata: (lakukan) apa yang dikatakan, dia orang yang panjang umurnya, saya tidak tahu ada perempuan lebih panjang usianya dibanding dia” (HR Nasai 4:29)

Ada di sebagian masyarakat membuat ukup (membakar menyan arab dicampur denga kayu garu) untuk suatu acara adalah diperbolehkan, asal tidak terkesan bahwa ukup yang dilakukan itu menyerupai kelompok non muslim, seperti membakar kemenyan jawa, atau menggunakan sio dan lain sebagainya yang termasuk alasan dilarangnya menyerupai orang non muslim. Jadi dalam Islam atau tradisi Arab yang telah dilegalisasi oleh Islam ukup itu terdiri dengan pembakaran kayu garu / gaharu, bubuk kayu cendana dan kemenyan Arab. Diperbolehkanya membuat ukup itu berdasar pada hadits

عن جابر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أجمرتم الميت فأوتروا

موارد الظمآن ج: 1 ص: 191

“Dari Jabir berkata, Rasulullah SAW bersbda: bila kamu membuat ukup untuk mayyit maka lakukanlah secara ganjil” (Mawarid Dlom’an 1:191)

عن أسماء بنت أبي بكر أنها قالت لأهلها: أجمروا ثيابي إذا مت، ثم حنطوني ولا تذروا على كفني حناطا، ولا تتبعوني بنار

رواه مالك في الجنائز 474

“Dari Asma binti Abi Bakar sewaktu memberi wasiat kepada keluarganya berkata: berilah ukup pada pakaianku (kafanku) jika aku mati, kemudian beri minyak wangi pada kafanku, dan jangan tinggal kan kafanku untuk terkena minyak wangi, dan jangan ada api dalam mengiring jenazahku” (HR Malik ibn Anas dalam kitab al Muwatho bab al Janaiz :474)

Disini kami ingatkan kepada para perempuan, bahwa ziyarah kubur hukumnya jawaz / boleh bagi mereka, berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang panjang menceritakan tentang ziyarah beliau dimalam hari ke pekuburan Baqi’ yang dikuntit atau diikuti secara sembunyi oleh Aisyah, yang akhirnya Aisyah bertanya bagaimana kalau dirinya ziyarah kubur, kemudian beliau mengajar Aisyah RA tentang cara berziyarah.

قالت: قلت: كيف أقول لهم يا رسول الله ؟ قال قولي: السلام على أهل الديار من المسلمين والمؤمنين يرحم الله المستقدمين منا والمستأخرين، وإنا إن شاء الله للاحقون [5]

رواه مسلم في كتاب الجنائز 1619

“Aisyah bercerita: aku bertanya: Bagaimana aku mengucapkan kepada mereka (ahli kubur) ya Rasulullah? Beliau menjawab: Katakanlah Assalamu alaikum Ahla diyar …( semoga damai atas kalian penduduk perkampungan, dari mukminin dan muslimin, semoga Allah memberi rahmat bagi yang telah mendahhului kita dan yang akan dating, kita insya Allah juga menyusul” (HR Muslim :1619)

Memang ada beberapa hadits yang melarang wanita ziyarah kubur, dan pendapat beberapa ulama yang mengharamkanya, itu semua karena ada kekhawatiran bahwa wanita itu kurang tegar dalam menghadapi kematian dan kecil hati bila mengingat pada kematian disaat ziyarah kubur, sehingga dikhawatirkan ada Niyahah atau teriakan pilu atau meratap di kuburan.

Duduk secara mutlak diatas (disamping) kuburan hukumnya boleh, apalagi kalau tujuanya untuk bertahlil dan baca Alqur’an atau pengajian seperti dalam acara haul dan lain sebagainya adalah dianjurkan, karena hal itu sering dilakukan oleh Nabi SAW dan para sahabatnya, sebagaimana hadits hadits berikut:

عن علي رضي الله عنه قال كنا في جنازة في بقيع الغرقد فأتانا رسول الله صلى الله عليه وسلم فقعد وقعدنا حوله ومعه مخصرة فنكس فجعل ينكت بمخصرته [6]

صحيح البخاري ج: 4 ص: 1891 صحيح مسلم ج: 4 ص: 2039

“Ali berkata: kami sedang (mengantarkan) jenazah dipekuburan Baqi, kemudian Rasulullah SAW datang dan duduk, kamipun duduk disekitarnya, beliau memegang tongkat dengan menunduk dan memukul mukulkan tongkatnya …. “ (HR Bukhori 4:1891 dan Muslim 4:2039)

عن البراء بن عازب قال: خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في جنازة رجل من الانصار فانتهينا الى القبر، قال جلس رسول الله صلى الله عليه وسلم وجلسنا حوله وكأن على رؤوسنا الطير، قال: فجعل ينظر الى السماء ويرفع بصره ثم ينظر الى الارض وينكت في الأرض ويحدث نفسه، ثم قال، اعوذ بالله من عذاب القبر، مرارا،[7]

مسند الروياني ج: 1 ص: 263

“Dari Al Barra’ ibn Azib berkata: Kami keluar bersama Rasulullah SAW dalam sebuah jenazah seorang lelaki Anshor dan sampailah kita ke sebuah kuburan, berkata Barra’: duduklah Rasulullah SAW dan kami duduk disekelilingnya, dan seakan diatas kepala kita ada burung (kami diam dan tidak bergerak), barra’ bercerita: beliau melihat keatas (kelangit) dengan mengangkat penglihatanya, kemudian melihat ke bawah, lantas berbisik seakan bicara dengan dirinya, kemudian berkata: Aku berlindung dari siksa kubur … berkali kali….” (Musnad Royani 1:263)

Namun kalau duduk dikuburan dengan tujuan utuk penghinaan atau pelecehan bahkan untuk buang hajat itu baru diharamkan, seperti kalau kita perhatikan dalam hadits hadits berikut serta penjelasan dari ahlinya:

عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه فتخلص إلي جلده خير له من أن يجلس على قبر[8]

صحيح مسلم ج: 2 ص: 667

“Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah SAW bersabda: seseorang diantara kalian lebih baik duduk di bara api sampai membakar bajunya dan menembus kulitnya dari pada duduk diatas kubur” ( HR Muslim 2:667)

عن على رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم انه كان في جنازة فأخذ عودا ينكت في الأرض فقال ما منكم من أحد الا قد كتب مقعده من النار أو من الجنة قالوا يا رسول الله أفلا نتكل قال اعملوا فكل ميسر فأما من أعطى واتقى وصدق بالحسنى فسنيسره لليسرى وأما من بخل واستغنى وكذب بالحسنى فسنيسره للعسرى[9]

مسند أحمد ج: 1 ص: 140

"Dari Ali RA, dari Nabi SAW bahwasanya beliau dalam penguburan jenazah, mengambil tongkat dan menusukkan ke tanah sambil mengatakan: tiada seorangpun dari kalian kecusali telah tercatat tempatnya di neraka atau di surga, (orang orang disekitarnya) berkata: Wahai Rasulullah apakah kita tidak tawakkal saja? Beliau menjawab: beramallah, karena setiaporang akan dimudahkan sesuai amalnya, -Adapun orang yang memberikan (hartanya dijalan Allah) dan bertaqwa, danmembenarkan adanya pahala yang terbaik (surga)maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah, dan adapun orang orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala yang terbaikmaka kelak Kami akan menyiapkan baginya jalan yang sukar (QS al Lail 92:5-10) (HR Ahmad 1:140)

عن أبى هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: من قعد على قبر فتغوط عليه أو بال فكأنما قعد على جمرة فثبت بذلك أن الجلوس المنهى عنه في الآثار الأول هو هذا الجلوس فأما الجلوس لغير ذلك فلم يدخل في ذلك النهى، وهذا قول أبى حنيفة وأبى يوسف ومحمد رحمهم الله تعالى وقد روى ذلك عن على وابن عمر رضي الله عنهم، أن مولى لآل علي رضي الله عنه حدثه أن علي بن أبي طالب رضي الله عنه كان يجلس على القبور، وقال المولى كنت أبسط له في المقبرة فيتوسد قبرا ثم يضطجع

شرح معاني الآثار ج: 1 ص: 517

“Dari Abi Hurairah RA bahwasanya Nabi SAW berkata: Barang siapa duduk dikuburan kemudian buang hajat diatasnya, atau kencing, seakan akan duduk diatas bara api. Maka yang dimaksud dengan duduk diatas kubur yang dilarang oleh hadits di depan adalah duduk untuk buang kotoran, sedang duduk yang bukan untuk buang kotoran maka tidak termasuk duduk duduk yang dilarang. Ini pendapat Imam Abu Hanifah, Abu Yusuf dan Muhamad. Diriwayatkan dari Sayyidina Ali dan Ibn Umar, bahwa seorang bekas budak milik keluarga Ali bercerita: Sayidina Ali ibn Abi Thalib duduk diatas kubur, aku menggelar (kambal) untuknya dan dia tiduran berbantalkan kuburan” (Syarah Maani al Atsar 1:517)

Sebetulnya ziyarah kubur itu tidak ditentukan pada hari tertentu, seperti hari jum’at, namun hari jumat itu mempunyai nilai lebih dibanding hari yang lain, maka hari itu dimanfaatkan oleh umat Islam untuk hari libur, hari ziyarah kubur dan lain sebagainya.

Dalam sebuah hadits disebutkan diantara kelebihan dari hari jum’at adalah bila seseorang meninggal dunia pada hari jumat maka dia terselamatkan dari siksa kubur.

عن عبدالله بن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من مسلم يموت يوم الجمعة او ليلة الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر [10]

رواه الترمذي في كتاب الجنائز 994

“Dari Abdullah Ibn Umar berkata: Rasulullah SAW bersabda: bila seorang muslim meninggal dunia pada hari jumat atau malam jumat maka dia diselamatkan oleh Allah dari fitnah kubur” (HR Tirmidzi :994)

عن محمد بن النعمان رفع الحديث إلى النبي صلى الله عليه وسلم قال: من زار قبر والديه أو أحدهما في كل جمعة مرة، غفر له وكتب برا [11]

مكارم الأخلاق ج: 1 ص: 83

“Dari Muhammad Ibn Nu’man memarfu’kan hadits dari Nabi SAW berkata: Barang siapa ziyarah kubur kedua orang tuanya atau salah satunya setiap jumat maka diampuni dosanya dan ditulis sebagai amal bakti” (Makarim al Akhlaq 1:83)

Orang yang meninggal tetap merasakan rasa sakit seperti sewaktu dia masih hidup, sebagaimana yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW :

عن عائشة رضي الله عنها قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كسر عطم الميت ككسره حي [12]

رواه أبو داود في كتاب الجنائز 2792

“Dari Aisyah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: memecah tulang mayit seperti memecahkan tulang orang yang hidup” (HR Abu Dawud :2792)

Siksa kubur itu sampai hari kiamat, jadi mereka yang amalnya waktu di dunia kurang baik disiksa sampai hari kiamat, sebagaimana hadits Nabi SAW yang menjelaskan bahwa sewaktu beliau lewat dikuburan, mengetahui penghuninya disiksa bukan karena dosa besar, tetapi hanya tidak berhati hati dengan najis air kencingnya, dan yang satu karena namimah, sedekah tapi masih dibicarakan terus, mereka diringankan hanya selama pelepah kurma yang dipasang Nabi SAW belum kering, lihat hadits dibawah ini:

عن ابن عباس قال: مر النبي صلى الله عليه وسلم بحائط من حيطان المدينة او مكة فسمع صوت إنسان يعذبان في قبورهما, وما يعذبان في كبير, ثم قال: بلى كان أحدهما لايستتر من بوله, وكان الأخر يمشي بالنميمة، ثم دعا بجريدة فكسرهما كسرتين، فوضع على كل قبر منهما كسرة، فقيل له: يا رسول الله لم فعلت هذا؟ قال: لعله أن يخفف عنهما مالم تيبسا او الى أن ييبسا.[13]

رواه البخاري في كتاب الوضوء 209

“Dari Ibnu Abbas berkata: Nabi SAW lewat di kuburan Madinah atau Makkah lalu mendengar jeritan dua orang yang sedang tersiksa, kata beliau merak disiksa bukan karena melakukan dosa besar, yang satu kurang berhati hati dengan kencingnya dan yang lain selalu melakukan namimah, beliau meminta diambilkan pelepah kurma, dan dibelah jadi dua, yang setiap potongnya ditaruh di setiap kuburan. Ditanyakan: kenapa hal ini kamu lakukan Wahai Rasulullah? Jawab beliau: Agar mereka diringankan siksanya selama palepah ini belum mongering” (HR Bukhori :209)

Hanya sekelumit pembahasan ini yang bisa kami sajikan kepada umat Islam khususnya siswa MAF-1 dalam wisata spiritual kita ke alam kubur, semoga bisa mengingatkan kita atas kehidupan setelah meninggal.



[1] Hadits Hasan.

[2] Hadits Mursal

[3] Hadits Shahih riwayat Imam al Bukkhari

[4] Hadits Hasan.

[5] Hadits Shahih riwayat Imam Muslim

[6] Hadits Shahih (Muttafaq alaih) riwayat Imam Muslim dan al Bukhari.

[7] Hadits Hasan.

[8] Hadits Shahih .

[9] Hadits Shahih.

[10] Hadits dloif.

[11] Hadits Dloif.

[12] Hadits Shahih.

[13] Hadits Shahih riwayat Imam al Bukhari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar